Monday, November 28, 2011

Pemangkatan Bilangan di Pemrograman Java

Dalam Pemrograman Java kadang kita sering mengalami kebuntuan dalam menyelesaikan program yang kita inginkan, mungkin itu disebabkan pada pemrograman java terdapat banyak package yang mesti kita gunakan untuk menjalankan sebuah perogram. dan package yang terdapat dalam pemrograman java udah ditetapkan atau di defaulthkan oleh si pembuat bahasa pemrograman ini. nah kali ini saya ingin memberikan sebuah studi kasus tentang pemangkatan dalam pemrograman java, dimana pada studi kasus ini kita harus menggunakan sebuah package yang disisipkan pada program kita.

nah dari tadi kita ngomongin package, package dan package, sekarang apa itu package?, Package adalah sebuah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan sebuah interface atau kelas yang sama menjadi satu unit tuggal dalam sebuah library. Nah itu lah yang dimaksud dengan package. udah ngertikan?, kalo untuk contoh dari package bisa kita lihat sebagai berikut :

1. import java.text.DecimalFormat

2. import javaxc.swing.*;

Kita udah lihat kan contoh package. sekarang ayo kita mulai bahas studi kasus untuk program pemangkatan bilangan dalam pemrograman java, untuk kasus ini kita biasa menggunakan header untuk matematika dan perintah pow dalam bahasa C untuk menyelesaikannya, kalau didalam pemrograman java kita juga menggunakan dua perintah tersebut namun syntaxnya berbeda, sekarang kita lihat perbedaannya

Pemrograman C = #include (math.h) dan pow(x,y)

Pemrograman Java = import java.math.*; dan Math.pow(x,y)



nah udah terlihat jelaskan perbedaanya, sekarang ayo kita lihat pemrograman java untuk pemangkatan :



import java.math.*;

public class andy {

public static void main(String[] args){

int angka=3;

int pangkat = 4;

System.out.println(Math.pow(angka,pangkat));

} }



jadi ini lah program pemangkatan dalam Pemrograman Java untuk sistem kerja pow, itu sama saja dengan sistem kerja pow di bahasa C dan yang kita sebut package adalah yang "import java.math.*;" . jadi seperti ini lah program untuk pemangkatan, jika anda sedang dalam membuat program dengan java dan mengalami error anda mungkin saja kurang dalam penggunaan package, so kalo udah gitu search dech di om google package apa yang kamu cari pasti dapat packagenya. ok dech sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.

2 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Oh, jadi pakai package java.math... Itu apa saja yang bisa dilakukan dengan math-nya? Bisa akar?

Saya baru belajar Java, Mas. Terima kasih.

Namun apakah tidak sebaiknya penulisan kode dibedakan dari penulisan esai?

Riwandy Septiansyah said...

beberapa fungsi mtk bisa dilakukan dengan fungsi math di java..
terima kasih :)

Post a Comment

 
- ,